Pengurus Vihara di Purwakarta Mulai Bersihkan Patung Dewa Jelang Imlek 2575 Kongzili

Pembersihan patung dewa di Vihara Purwakarta
Sumber :
  • Jabarnews

Purwasuka – Tahun baru Imlek 2575 Kongzili berlangsung pada Sabtu 10 Februari 2024. Warga dan pengurus Vihara Budi Asih atau Kuan Tek Kun Bio yang berlokasi di Jalan Jenderal Ahmad Yani, Nagri Tengah, Kecamatan/Kabupaten Purwakarta mulai melakukan bersih-bersih vihara.

Inspektorat Purwakarta: Hasil Investigasi dugaan Korupsi Dana Desa Pangkalan Diserahkan ke Polisi

Mereka membersihkan seluruh patung-patung Dewa, peralatan hingga kelengkapan di dalam Vihara itu. Sebelum melakukan memandikan patung dewa, mereka melakukan ritual doa, bahkan memandikan patung dewa itu menggunakan air kembang yang diberi wewangian melati.

"Ini hari buat mandinya konco-konco yang kami yakini, semua turun konco-konco semua, memandikan khusus menggunakan air kembang pake minyak melati," ujar Ci Lian Ho, Pengurus Vihara, Pada Selasa, 6 Februari 2024.

Nama-Nama Besar Bacalon Bupati Purwakarta yang Muncul di Pilkada 2024, Siapa Saja?

Ia menyebutkan, aktivitas bersih-bersih vihara ini dilakukan secara rutin setiap tahunnya jelang perayaan imlek dan sebagai simbol penghormatan kepada konco-konconya.

"Semua pusaka di bersihkan, patungnya harus bersih semua, nanti setelah selesai naik lagi ke atas ke asalnya. Setelah beres kemudian sembahyang, baru pasang lilin buat sambut Imlek, lilinnya ini sampai dua bulan nyala," katanya.

Prakiraan Cuaca Jawa Barat Hari Ini, 30 April 2024

Terlihat, warga dan pengurus tengah membersihkan semua yang ada di dalam Vihara, termasuk menyiapkan semua kelengkapan yang dibutuhkan untuk sembahyang.

Sementara rangkaian perayaan imlek ini akan di tutup dengan Cap Go Meh dengan berbagai kegiatan termasuk pertunjukan barongsai.

Halaman Selanjutnya
img_title