Gelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu 2024, KPU Purwakarta Ungkap Alasannya

Simulasi Pemungutan Suara Pemilu 2024 di Kabupaten Purwakarta
Sumber :
  • Jabarnews

Purwasuka – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purwakarta menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara dalam rangka menyukseskan Pemilu 2024 dengan melibatkan sejumlah unsur, mulai penyelenggara hingga pemilih.

Buka Pendaftaran PPK Untuk Pilkada 2024, KPU Purwakarta: Sudah 152 yang Mendaftar

Kegiatan simulasi yang berlangsung di TPS 11 Lapangan Sahate, Kelurahan Nagri Tengah, Kabupaten Purwakarta itu dihadiri Forkopimda Purwakarta, partai politik peserta pemilu dan sejumlah elemen masyarakat. 

Ketua KPU Purwakarta, Dian Hadiana mengatakan bahwa pelaksanaan simulasi pemungutan suara tersebut wajib dilakukan untuk memberikan gambaran pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara.

Siap-siap! KPU Bakal Rekrut 627 PPK dan PPS Untuk Pilkada Purwakarta

Selain itu simulasi ini, lanjut dia, sebagai alat ukur lamanya pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara sekaligus sosialisasi pelaksanaan pemilu. 

"Hal itu untuk melihat semua kesiapan, baik penyelenggara pemilu, pengawas pemilu, pemilih, maupun peserta pemilu lainnya dalam rangka persiapan pada tanggal 14 Februari 2024 mendatang," ujar Dian, pada Sabtu, 3 Februari 2024.

Panwascam Cipunagara Pastikan Penghitungan Suara Berjalan Transparan

Menurut dia, simulasi tersebut juga diikuti oleh pemilih secara langsung, termasuk pemilih disabilitas dan lansia.

"Kami juga mengundang mereka. Kami melibatkan dalam proses ini. Tujuannya agar mereka lebih awal mengetahui pemungutan dan penghitungan suara," Ucap Dian. 

Halaman Selanjutnya
img_title