Siswa-Siswi di Ujung Barat Purwakarta Gelar Kegiatan Pelatihan Untuk Ini

Kegiatan Pelatihan Dasar Kepemimpinan Siswa Parungbanteng
Sumber :
  • Jabarnews

Purwasuka – Bagian dari upaya untuk mengenalkan potensi dan kekayaan budaya, makanan khas, dan keindahan alam sejak dini, SMPN Satap 2 Parungbanteng, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta gelar kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa. 

Inspektorat Purwakarta: Hasil Investigasi dugaan Korupsi Dana Desa Pangkalan Diserahkan ke Polisi

Di sekolah yang berada di ujung barat Kabupaten Purwakarta itu, para siswa dikenalkan terhadap budaya lembur, seperti tarian tradisional, musik, seni rupa, dan kegiatan-kegiatan budaya lainnya yang merupakan bagian dari identitas lembur. 

Selain itu, mereka juga diberikan pengetahuan tentang makanan khas lembur yang terkenal dengan cita rasa lezat dan alami. 

Nama-Nama Besar Bacalon Bupati Purwakarta yang Muncul di Pilkada 2024, Siapa Saja?

Kepala SMPN Satap 2 Parungbanteng, Mokhamad Aripin menjelaskan bahwa latihan ini sejalan dengan filosofi Kihajar Dewantara, pendiri Perguruan Taman Siswa, yang mengajarkan pendidikan sesuai dengan kodrat diri, kodrat alam, dan kodrat zamannya.

"Dengan melibatkan siswa dalam kegiatan di luar kelas seperti ini, diharapkan mereka dapat memahami dan mengapresiasi warisan budaya serta keindahan alam yang ada di sekitar mereka," ucap pria yang akrab disapa Kang Ipin itu, pada Senin, 5 Februari 2024.

Prakiraan Cuaca Jawa Barat Hari Ini, 30 April 2024

Dalam kegiatan itu, lanjut dia, siswa diajak untuk menjelajahi keindahan alam khas ujung barat Kabupaten Purwakarta melalui kegiatan berwisata. 

"Mereka diajak mengelilingi Cibodas, Desa Parungbanteng, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta. Para siswa kami ajak untuk menikmati pemandangan pegunungan yang memukau, air terjun yang indah, serta hutan yang rimbun. Selama perjalanan, siswa diberikan penjelasan mengenai keanekaragaman hayati dan pentingnya menjaga kelestarian alam," Jelasnya 

Halaman Selanjutnya
img_title