Pasca Pemilu 2024, Kemenag Minta Khatib Jumat Suarakan Pesan Persaudaraa

Kantor Kemenag RI
Sumber :
  • Kemenag RI

Purwasuka – Kementerian Agama (Kemenag) mengimbau khatib Jumat hari ini menyampaikan pesan persaudaraan. Ajakan ini disampaikan berkenaan dengan usainya tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Panwascam Cipunagara Pastikan Penghitungan Suara Berjalan Transparan

"Kami mengimbau kepada para khatib Jumat untuk menyuarakan pesan merekatkan persaudaraan pasca Pemilu 2024 di mimbar-mimbar masjid," ungkap Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag, Adib dikutip pada Rabu (14/2/2024).

Adib mengatakan, khatib berperan sangat penting dalam memberi pemahaman dan pencerahan kepada masyarakat terkait pentingnya menghargai keragaman pilihan politik. Perbedaan yang ada tidak semestinya menjadi sebab renggangnya hubungan persaudaraan.

Panwaslu Darangdan Purwakarta Pastikan Telah Awasi Pemilu 2024 Secara Ketat

"Selama proses kampanye, di tengah masyarakat kerap terjadi perdebatan terkait pilihan politik. Karenanya, khatib punya peran penting untuk menjaga kondusifitas dan persaudaraan," tuturnya.

"Jangan terpancing dengan isu-isu yang berpotensi menimbulkan konflik," sambungnya.

Soal Hasil Pemilu 2024, Ketua MUI Purwakarta Sampaikan Ini

Adib mengajak seluruh umat Islam di Indonesia bersikap dewasa dan mengedepankan persatuan dalam menyikapi hasil demokrasi yang berlangsung tiap lima tahun sekali ini.

"Tunjukkan sikap dewasa di tengah masyarakat. Jangan melakukan Tindakan yang dapat mengancam sendi-sendi kerukunan bangsa dan negara," tukasnya.