Prabowo Subianto Dapat Ucapan Selamat dari Menlu AS Usai Dinyatakan Menang di Pilpres 2024

Menlu AS, Anthony Blinken
Sumber :
  • US Department of State

PurwasukaPrabowo Subianto dapat ucapan selamat dari Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (Menlu AS), Anthony Blinken usai dinyatakan jadi pemenang di Pemilu 2024 atau Pilpres 2024 oleh KPU pada Rabu (20/3/2024) malam.

Keputusan MK Sudah Keluar, KPU Bakal Tetapkan Prabowo-Gibran Jadi Capres Terpilih

“Kami menyampaikan ucapan selamat kepada Presiden Indonesia terpilih Prabowo Subianto atas kemenangannya dan sekali lagi memuji rakyat Indonesia atas partisipasi yang tinggi dan komitmen mereka terhadap demokrasi dan supremasi hukum.” kata Anthony Blinken dalam laman resmi US Department of State.

Dalam laman yang sama, Anthony Blinken menegaskan hubungan diplomatik antara AS dan Indonesia sudah berjalan 75 tahun yang didasarkan pada demokrasi dan pluralisme. Ia menyebut, Indonesia adalah mitra sekaligus 'teman dekat'.

Hari Ini! MK Bakal Bacakan Putusan Perkara Sengketa Pilpres 2024

"Kami berharap dapat bermitra erat dengan presiden terpilih Prabowo Subianto dan pemerintahannya ketika menjabat bulan Oktober," kata Blinken.

Diberitakan sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menjadi pemenang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Siap-siap! KPU Bakal Rekrut 627 PPK dan PPS Untuk Pilkada Purwakarta

Hasil Pilpres 2024 tersebut ditetapkan berdasarkan berita acara KPU Nomor 218/PL.01.08-BA/05/2024 usai rekapitulasi nasional dan rapat pleno yang berlangsing pada Rabu (20/3/2024).

Prabowo-Gibran menang dengan perolehan suara 58,6%. Berdasarkan hasil rekapitulasi KPU, pasangan nomor urut 02 itu unggul dengan suara sah sebanyak 96.214.691 dari total suara sah nasional.