Arus Mudik Lebaran, Polres Purwakarta Lakukan Sejumlah Langkah Pengamanan

Polres Purwakarta Apel Jelang Operasi Ketupat Lodaya 2024
Sumber :
  • ist

Purwasuka – Demi kelancaran arus mudik dan balik Lebaran 2024/1445 Hijriah, Polres Purwakarta, telah melakukan serangkaian persiapan untuk. Di antaranya, telah memetakan wilayah yang dianggap rawan kecelakaan lalulintas dan rawan terjadi kepadatan kendaraan di beberapa jalur mudik.

Inspektorat Purwakarta: Hasil Investigasi dugaan Korupsi Dana Desa Pangkalan Diserahkan ke Polisi

Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain menyebut sejumlah jalan nasional dan arteri yang ada di wilayah hukumnya masih menjadi andalan sebagai jalur favorit pemudik, baik pemudik roda dua maupun roda empat.

Untuk pemetaan terkait situasi dan kondisi di jalur mudik ini sendiri, lanjut Kapolres, sebenarnya merupakan persiapan pengamanan arus mudik yang tak beda jauh dari tahun-tahun sebelumnya. Namun demikian, pihaknya berharap pemetaan ini bisa mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Bubarkan Balap Liar di Purwakarta, Polisi Amankan 5 Pemuda dan 4 Motor

"Tak hanya yang berkaitan dengan pengamanan, kami juga telah melakukan berbagai pemetaan. Salah satunya, pemetaan titik rawan kecelakaan yang terdapat di sejumlah jalur mudik ini," Ungkap pria yang akrab disapa Edwar itu, pada Jumat, 5 April 2024.

Ia menjelaskan, berbagai langkah startegis yang merupakan bagian dari pengamanan ritual tahunan ini telah dirancang jauh-jauh hari oleh jajarannya. Apalagi, sampai saat ini ada beberapa jalan di Purwakarta yang masih jadi jalur alternatif primadona yang dilalui para pemudik.

206 Peserta di Polres Purwakarta Daftar Jadi Anggota Polri

Adapun jalur-jalur yang menjadi, antara lain jalur Cikopo-Pantura via Simpang Jomin. Kemudian, Jalur Cikopo-Sadang via Bungursari, jalur Sadang-Subang via Cibatu (jalur tengah). Lalu, jalur Sadang-Purwakarta menuju Wanayasa-Subang-Cikamurang (Jalur Selatan).

"Semenjak ada jalan tol, volume kendaraan melalui jalur arteri sudah berkurang. Jalur sadang - subang, wanayasa cenderung lancar," Ungkap Edwar. 

Halaman Selanjutnya
img_title