Untuk Perbaikan Sekolah di Pelosok Indonesia, Ruangpeduli dan Campaign Galang Kampanye

Ilustrasi Sekolah di pelosok Indonesia
Ilustrasi Sekolah di pelosok Indonesia
Sumber :

Purwasuka - Data World Population Review pada tahun 2021 menyebutkan peringkat pendidikan Indonesia berada di posisi ke-54 dari total 78 negara. Sementara itu, UNESCO dalam Global Education Monitoring (GEM) Report 2016 menyatakan, Indonesia menempatiperingkat ke-10 dari 14 negara berkembang. 

Hal ini menunjukkan bahwa kualitas pendidikan tanah air masih memerlukan perhatian khusus dari segi sarana maupun aksesnya. Berangkat dari kondisi ini, Ruangpeduli bergerak untuk memperbaiki dunia pendidikan dengan membantu sekolah-sekolah yang kondisinya memprihatinkan.

Ruangpeduli adalah inisiatif Ruangguru sebagai wujud kepedulian terhadap tantangan pendidikan yang dihadapi oleh pelajar dan pelaku pendidikan. Platform ini menghubungkan pemberi bantuan dengan pelajar atau pelaku pendidikan yang membutuhkan bantuan akses, dukungan fasilitas belajar, serta konten pendidikan yang berkualitas. 

Untuk mewujudkannya, Ruangpeduli bekerjasama dengan Campaign.com, startup pemiliki aplikasi Campaign #ForChange. Bentuk kolaborasinya adalah dengan membuat kampanye di aplikasi Campaign #ForChange, yakni kampanye #PeduliSDN031Longkali dan #PeduliPendidikanBersamaRuangpeduli.

SDN 031 Long Kali adalah salah satu sekolah penerima manfaatnya. Sekolah tersebut adalah gambaran dunia pendidikan Indonesia yang memprihatinkan. Terdiri dari 22 murid dan 7 guru, bangunan sekolah ini hanya memfasilitasi tiga ruangan yang harus disekat dengan bilik untuk memisahkan ruang kelas, ruang guru, dan ruang kepala sekolah. 

Para murid hanya bisa belajar dengan fasilitas seadanya tanpa jaringan internet maupun penerangan yang memadai. Pasalnya, lingkungan di sekitar sekolah hanya mengandalkan satu panel surya untuk memenuhi kebutuhan listrik berskala kecil. 

Kondisi ini diperparah dengan sulitnya akses menuju sekolah yang letaknya sangat terpencil dengan jalan utama yang rusak dan penuh kubangan air jika musim hujan tiba.

Sebentar lagi, murid dan guru SDN 031 Long Kali akan menikmati fasilitas yang lebihbaik. Pasalnya, dari kampanye #PeduliSDN031Longkali di aplikasi Campaign #ForChange, terkumpul donasi sebesar Rp13.705.250,00 yang diberikan oleh sponsor Yayasan Dunia Lebih Baik, Charity Arm dari Campaign.com.