Kawal Pengumuman Rekapitulasi Pemilu 2024, Polisi Siap Terjunkan 4.992 Personel

Simulasi Pemungutan Suara Pemilu 2024 di Kabupaten Purwakarta
Sumber :
  • Jabarnews

PurwasukaPolri akan menerjunkan sebanyak 4.992 personel untuk mengawal tahapan pengumuman hasil rekapitulasi suara Pemilu 2024 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

206 Peserta di Polres Purwakarta Daftar Jadi Anggota Polri

"Jumlah personel yang disampaikan pada titik pengamanan sebanyak 4.992 personel Polri, gabungan juga dengan stakeholder," ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko kepada wartawan di Kantor KPU, Senin (18/3/2024).

"(Personel gabungan) terdiri satgaspus atau pusat Mabes Polri dan juga satgas daerah yaitu Polda Metro Jaya," sambungnya.

Hari Ini, KPU Akan Gelar Penetapan Capres Terpilih di Pilres 2024

Trunoyudo mengakui bakal adanya aksi unjuk rasa di masyarakat menjelang pengumuman hasil Pemilu 2024. 

Namun, dia mengimbau masyarakat yang hendak menyampaikan pendapat untuk mematuhi aturan.

Keputusan MK Sudah Keluar, KPU Bakal Tetapkan Prabowo-Gibran Jadi Capres Terpilih

"Terkait dengan penyampaian atau kebebasan di muka umum, tentu sudah diatur dalam peraturan undang-undangan. Artinya mengungkapkan pendapat secara konstitusi dibolehkan, namun secara hukum diatur, secara undang-undang diatur," ungkapnya.

"Maka Polri akan melakukan pengamanan sebagai koridor pengamanan karena salah satu daripada kehidupan bermasyarakat dalam mengungkapkan pendapat, tentu Polri akan mengamankan sebagaimana koridor pada aturan undang-undang yang berlaku," imbuhnya.