3 Alasan Puasa Dapat Membantu Mengatasi Gejala Depresi

Ilustrasi depresi
Sumber :
  • Freepik/jcomp

PurwasukaPuasa bisa bantu atasi gejala depresi. Hal semacam ini sayangnya jarang diketahui. Padahal, puasa ini bisa kalian aplikasikan dalam kehidupan terlebih bagi kalian umat muslim.

4 Manfaat Timun Untuk Kesehatan di Bulan Puasa

Ngomong-ngomong soal muslim, bulan ini orang beragama islam menjalani ibadan puasa di bulan Ramadhan. Untuk itu sejumlah penelitian mengatakan bahwa puasa dapat membantu mengatasi gejala depresi.

3 Alasan puasa dapat membantu mengatasi gejala depresi

5 Buah yang Bisa Jaga Tubuh Tetap Fit Saat Puasa, Apa Saja?

1. Hubungan dengan keyakinan

Para peneliti percaya bahwa manfaat puasa dalam mengatasi gejala depresi juga berkaitan dengan keyakinan atau agama (saat menjalani ibadah puasa Ramadhan), yang efeknya dapat memengaruhi kesehatan fisik dan psikologis. 

Polisi di Purwakarta Gencarkan Patroli Malam, Tujuannya Karena Ini

Menurut penelitian pada tahun 2020 di kalangan siswa muslim, mereka yang menjalani ibadah puasa Ramadhan dikaitkan dengan peningkatan kesejahteraan fisik secara keseluruhan, penerimaan diri, hubungan dan lingkungan positif hingga pengembangan diri. 

Puasa juga erat kaitannya dengan pengendalian emosi, termasuk dalam mengendalikan nafsu makan. Dampaknya, berpuasa dapat melatih dan memberikan pelajaran untuk bisa mengendalikan diri agar terhindar dari gejala depresi.

Halaman Selanjutnya
img_title