Disnakertrans Purwakarta Membantu Kepulangan PMI Dari Taiwan Pasca Koma

Penjemputan PMI Asal Kabupaten Purwakarta di Bandara Soekarno Hatta
Sumber :
  • ist

Purwasuka – Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Purwakarta memfasilitasi pemulangan pekerja migran Indonesia (PMI) asal kelurahan Sindangkasih, Kabupaten Purwakarta yang bekerja di Taiwan. 

Dua Tersangka Kasus TPPO Diringkus Polisi di Bogor dan Tangerang

Dilaporkan oleh pihak keluarga, wanita bernama Desanti Siti Apriyanti (42) itu mengalami sakit dan koma dan dirawat di sebuah Rumah Sakit di Taiwan.

"Informasinya beberapa waktu lalu, kami Disnakertrans Kabupaten Purwakarta mendapatkan pengaduan dari keluarga, bahwa ada anggota keluarganya yang bekerja di Taiwan mengalami sakit dan sempat dirawat di Taoyuan General Hospital, Taiwan," ucap Kepala Disnakertrans Kabupaten Purwakarta melalui Sekretaris, Wita Gusrianita, saat ditemui di RSUD Bayu Asih Purwakarta, Pada Jumat, 9 Februari 2024. 

Pantau Aksi Unras Buruh, Kapolres Purwakarta Turun Langsung ke Jalan

Ia menambahkan, pihak keluarga memohon bantuan kepada Disnakertrans Kabupaten Purwakarta agar PMI Desanti dapat dipulangkan ke Purwakarta.

Dijelaskan Wita, PMI tersebut mengalami sesak nafas saat ditampung di Shelter WNIO KDEI Taipei. bahkan mengalami koma saat dirawat di Taoyuan General Hospital. 

Unras Buruh Terjadi di Purwakarta, 165 Personel Polisi Disiagakan

"Setelah dirawat beberapa hari di Taoyuan General Hospital kondisinya PMI tersebut mulai membaik dan telah kembali sadar. Berdasarkan diagnosis rumah sakit, PMI tersebut memiliki kelainan ginjal yang mengakibatkan kerusakan pada jantung dan diperburuk dengan riwayat penyakit hipertensi," ujarnya. 

Dijelaskannya, Pada tanggal 6 Februari 2024, KDEI Taipei telah memfasilitasi PMI tersebut untuk kontrol kesehatan di Taoyuan General Hospital. Dokter yang menangani saat PMI tersebut mengalami koma. Berdasarkan hasil pemeriksaan, Dokter menerbitkan surat keterangan fit-to-fly. 

Halaman Selanjutnya
img_title