Melawan Hoaks Untuk Wujudkan Pemilu Sehat

kegiatan Seminar dan Workshop “Lawan Misinformasi untuk Pemilu Sehat”
Sumber :

Purwasuka – Terdapat 153,7 juta pengguna media sosial berusia di atas 18 tahun di Indonesia. Kebutuhan untuk menjaga ruang digital menjadi sangat krusial. Maraknya hoaks berdampak signifikan pada proses demokrasi. Oleh karena itu proses fact checking dan literasi digital sangat penting untuk menjaga ini semua.

Polisi Pantau Keamanan di KPU Purwakarta Saat Pelipatan Kertas Suara Pemilu

Demikian disampaikan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Budi Arie Setiadi saat membuka kegiatan Seminar dan Workshop “Lawan Misinformasi untuk Pemilu Sehat” yang diselenggarakan di Gedung Sate, Bandung (16/11). 

Kota Bandung merupakan kota terakhir dari rangkaian penyelenggaraan kegiatan ini, setelah sebelumnya sudah dilaksanakan di 7 kota lainnya, yaitu: Ternate, Manado, Jayapura, Kupang, Pekanbaru, Jakarta, dan Samarinda

Viral Video Dugaan Satpol PP Garut Dukung Cawapres 02, Bawaslu: Akan Segera Ditelusuri

Lebih lanjut Ketua Badan Pengawas Pemiihan Umum (Bawaslu), Rahmat Bagja, mengungkapkan pentingnya menjaga pesta demokraasi ini tetap gembira, 

“Hoaks bisa menerpa siapa saja, tidak terkait dengan jenjang pendidikan. Penting peranan para penggiat literasi digital untuk mengedukasi masyarakat. Yuk kita jaga pemilu tetap gembira, walau berbeda pendapat masih bisa bercengkrama bersama untuk kebaikan demokrasi indonesia” ujarnya.

DPRD Jabar Dorong Masyarakat Untuk Aktif Kawal Pemilu 2024

Esther Samboh, Manager Kebijakan Publik WhatsApp Indonesia, menyatakan bahwa WhatsApp memiliki komitmen untuk terus mendukung literasi digital di Indonesia. 

“Kami harap rangkaian program melawan misinformasi yang sudah dijalankan di 7 kota dan diakhiri di Bandung bisa turut membantu pemerintah dan masyarakat untuk dapat menjalankan pemilu dengan sehat. WhatsApp dan ICT Watch terus bekerja untuk menjauhkan masyarakat dari misinformasi di momen Pemilu 2024 dan terus menjalankan program Kampanye Online Berteman Aman melalui akun Instagram @bertemanaman.”

Halaman Selanjutnya
img_title