Menhub: Pemudik Kalo Bisa Mudik H-10 Sampai H-4 Lebaran

Ilustrasi titik kepadatan arus mudik Lebaran 2024.
Sumber :
  • Ist

Purwasuka – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengimbau kepada masyarakat yang akan mudik untuk berangkat pada H-10 hingga H-5 Lebaran. Pasalnya, H-4 diperkirakan telah memasuki puncak mudik.

Puncak Arus Balik Lebaran, Menhub: 190 Ribu Lewati Tol Japek Masuk Jakarta

"Saya secara khusus menyampaikan berkaitan dengan waktu mudik. Presiden menginformasikan atau menyarankan bahwa mudik itu kalau bisa H-10 sampai H-5," ungkap Budi Karya Sumadi di Polda Jateng, Semarang, Minggu (31/3/2024).

"Karena H-4 itu puncaknya, dan apabila itu dilaksanakan mungkin puncak mudik itu tidak terjadi dengan padat ya," sebutnya.

Pucak Arus Balik Diprediksi Kemarin, Menhub: Bisa Capai 140 Ribu Kendaraan

Kendati masyarakat memilih mudik ketika waktu puncaknya, lanjut Budi, pihak kepolisian telah menyiapkan skenario untuk mengurai kemacetan di sejumlah jalur mudik.

"Kakorlantas Polri menyiapkan skenario itu kalau lebih ringan lebih bagus. Itu bisa dilaksanakan," tukasnya.

Arus Mudik Lebaran, Personel Polres Subang Bantu Pengaturan Lalin di Tol Cipali

Diberitakan sebelumnya, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menyiagakan Satuan Tugas (Satgas) Urai Kemacetan untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan saat arus mudik dan balik Lebaran 2024.

"Satgas ini dibentuk untuk memaksimalkan kelancaran dan keselamatan pemudik," ujar Kakorlantas Polri, Irjen Pol Aan Suhanan saat dikonfirmasi, Selasa (26/3/2024).

Halaman Selanjutnya
img_title