Puncak Arus Balik Lebaran, Menhub: 190 Ribu Lewati Tol Japek Masuk Jakarta

Menhub, Budi Karya Sumadi
Sumber :

Purwasuka – Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi memperkirakan setidaknya ada 190 ribu kendaraan yang melintas di Tol Cikampek pada puncak arus balik Lebaran 2024 dalam satu hari.

Arus Balik Lebaran, 1 Juta Lebih Kendaraan Terpantau Masuk Jabodetabek

Kendati begitu, Budi menyatakan peningkatan volume kendaraan itu telah diantisipasi dengan penerapan sejumlah rekayasa lalu lintas. Mulai dari Contraflow hingga pengalihan ke jalur Tol Jakarta-Cikampek 2 Selatan.

"Selain rekayasa contraflow 3 lajur, juga dilakukan pengalihan ke jalur Jakarta-Cikampek 2 Selatan maksimal 500 kendaraan per jam pada siang dan malam," ungkap Menhub Budi dalam keterangannya, Senin (15/4/2024).

Arus Balik Lebaran, Polri: Utamakan Keselamatan Saat Berkendara

Budi mengatakan, penerapan contraflow juga telah dievaluasi dengan meningkatkan keselamatan pada lajur berlawanan. Dia mengimbau pengguna jalan tidak berhenti di bahu jalan saat pelaksanaan rekayasa lalu lintas ini.

Tidak hanya rekayasa lalu lintas, lanjut Budi, penyebaran waktu arus balik lebaran juga perlu dilakukan. Dia menyebut masyarakat yang mendapatkan kesempatan work from home (WFH) dan bisa menunda waktu pulangnya, agar menunda perjalanannya.

Pucak Arus Balik Diprediksi Kemarin, Menhub: Bisa Capai 140 Ribu Kendaraan

"Agar tidak terkonsentrasi pada satu waktu tertentu dan ruas tertentu. Bagi ASN, keputusan presiden untuk memberikan toleransi WFH tolong dimanfaatkan," tukasnya.