Pucak Arus Balik Diprediksi Kemarin, Menhub: Bisa Capai 140 Ribu Kendaraan

Ilustrasi jalur mudik
Sumber :
  • Ist

Purwasuka – Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi memprediksi puncak arus balik Lebaran 2024 terjadi pada Senin (15/4/2024) malam ini. Kendaraan yang melintas ke arah Jakarta diperkirakan hingga 140 ribu.

Disporaparbud: 242 Ribu Orang Berlibur ke Purwakarta Saat Libur Lebaran 2024

"Insyaallah hari terakhir ini adalah hari puncak, dimana diperhitungkan ada kenaikan dari hari sebelumnya menjadi paling tidak ada 140 ribu dalam satu hari," ungkap Budi kepada wartawan di Gerbang Tol Cikampek Utama.

Budi juga menjelaskan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menyetujui sistem bekerja dari rumah atau work from home (WFH) bagi aparatur sipil negara (ASN) pada 16-17 April 2024.

Arus Balik Lebaran, 1 Juta Lebih Kendaraan Terpantau Masuk Jabodetabek

Dengan disetujuinya kebijakan tersebut, Budi berharap ASN dapat menunda perjalanan kembali ke Jakarta. Hal ini dimaksudkan agar dapat mengurai kepadatan arus balik Lebaran 2024.

"Tentu apa yang kemarin yang diumumkan oleh pemerintah, Keputusan Presiden untuk memberikan toleransi WFH bagi ASN, tolong dimanfaatkan. Harapannya apabila itu dimanfaatkan, maka nanti malam kepadatannya tidak maksimal," terangnya.

Arus Balik Lebaran, Polri: Utamakan Keselamatan Saat Berkendara

Pada kesempatan yang sama, Menhub Budi meminta masyarakat mendukung kelancaran arus balik Lebaran dengan mengikuti arahan petugas di lapangan.

"Sebenarnya kita mempersiapkan kegiatan mudik dengan baik," tukasnya.