9 Keutamaan Malam Nisfu Syaban, Apa Saja?

Keutamaan Malam Nisfu Syaban
Sumber :
  • ist

Purwasuka – Malam Nisfu Syaban merupakan malam istimewa yang memiliki sejumlah keutamaan. Lantas, apa saja keutamaan malam Nisfu Syaban?

Mengenal Nisfu Syaban, Apa Itu?

Dikutip dari Jurnal Institut Agama Islam Negeri Jember yang berjudul Tradisi Nisfu Syaban di Pondok Pesantren Bintang Sembilan Dukuhdempok Jember, Nisfu Syaban bermakna pertengahan atau tengah-tengah bulan Syaban tahun Hijriah yang jatuh pada hari ke-15 bulan Syaban.

Terdapat sejumlah keutamaan pada malam Nisfu Syaban. Salah satunya adalah malam dikabulkannya setiap doa.

Teks Khutbah Jumat: Mari Hidupkan Malam Nisfu Sya’ban

Keutamaan malam Nisfu Syaban telah dijelaskan dalam beberapa hadits. Berikut keutamaan malam Nisfu Syaban yang dirangkum dari berbagai sumber:

1. Malam yang diberkahi (Mubarakah) 

Inspektorat Purwakarta: Hasil Investigasi dugaan Korupsi Dana Desa Pangkalan Diserahkan ke Polisi

Pada malam pertengahan bulan Sya’ban, Allah memerintahkan para malaikat untuk turun pada langit dunia dan menebar kebaikan kepada manusia. Pada malam itu, jarak antara manusia dengan para malaikat sangat dekat. Kedekatan itu menjadi keberkahan tersendiri yang hanya diberikan kepada umat Nabi Muhammad.

Selain itu, menurutnya, pada malam pertengahan bulan Sya’ban, keberkahan itu juga dirasakan oleh bertambahnya air Zamzam. Sebab, pada malam itu air Zamzam akan bertambah dengan tambahan yang sangat nyata dan bisa disaksikan dengan mata kepala manusia.

Halaman Selanjutnya
img_title