Banjir Braga Bandung, 600 Rumah Terendam, 150 Warga Dievakuasi

Para pengungsi banjir Braga Kota Bandung
Sumber :
  • BPBD Jabar

Purwasuka – Banjir menimpa kawasan Braga Kota Bandung pada 11 Januari 2023 sore. Hal ini diduga dipicu jebolnya tanggul Sungai Cikapundung.

KPU Sebut 668 TPS di Empat Provinsi Bakal Gelar Pemungutan Suara Susulan Karena Ini

"Salah satu penyebab banjir karena tanggul jebol. Tim sudah turun dari Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga, Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB), dan Dinas Sosial sudah kita turunkan," ujar Penjabat (Pj) Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono.

Bambang mengakui, tanggul Sungai Cikapundung yang jebol di lokasi banjir telah lama tak mendapatkan perbaikan. Terakhir, tanggul itu diperbaiki tahun 2004.

Diguyur Hujan Deras, Sembilan RT dan 29 Ruas Jalan Terendam Banjir

Sementara itu, dihimpun dari banyak sumber, Hingga pukul 22.00, BPBD Jabar mencatat terdapat 600 rumah warga terdampak banjir bandang, meliputi empat RW, Kelurahan Braga, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung.

Sebanyak 150 orang dievakuasi dan tiga orang di antaranya dalam kondisi sakit.

Diguyur Hujan, 13 RT dan Lima Ruas Jalan di Jakarta Terendam Banjir

Warga dievakuasi ke tempat aman masih di kawasan Braga, di antaranya di gedung TK dan sekitar Hotel Gino Feruci.

Tim BPBD Jabar dan Diskar PB Kota Bandung mengimbau warga untuk tidak mendekati lokasi banjir bandang dan mengungsi dari tempat tinggal ke tempat aman, mengingat jika terjadi hujan dengan intensitas tinggi, durasi cukup lama, dan debit air meningkat berpotensi banjir susulan.

Halaman Selanjutnya
img_title